LAPORAN ARUS KAS (PSAK 002)



Assalamua’alaikum wr wb
PSAK 02
LAPORAN ARUS KAS
Dalam PSAK 02 bertujuan menyajikan informasi tentang arus kas entitas yang berguna dalam penyediaan pengguna laporan keuangan dasar dalam menilai kemampuan para entitas dalam menghasilkan kas dan setara kas serta menilai kebutuhan entitas dalam penggunaan arus kas tersebut dan berguna untuk memberikan informasi perubahan historis dalam kas dan setara kas dalam suatu entitas dalam laporan arus kas dalam klasifikasi berdasarkan aktivitas operasi, investasidan pendanaan selama satu periode.

Ruang Lingkup
Entitas menyusun laporan arus kas sesuai dengan persyaratan salam Pernyataan ini dan menyajikan laporan tersebut sebagai bagian takterpisahkan dari laporan keuangan untuk setiap periode penyajian laporan keuangan. Para pengguna laporan keuangan entitas berkepentingan untuk mengetahui bagaimana entitas menghasilkan dan menggunakan kas dan setara kas. sifatnya umum, tidak bergantung pada aktivitas entitas dan apakah kas dapat dipandang sebagai produk entitas seperti yang berlaku di lembaga keuangan.

Manfaat Informasi Arus Kas
·         Arus kas dapat menyediakan informasi yang mungkin para pengguna untuk mengevaluasi perubahan dalam asset neto entitas, struktur keuangan (termasuk likuiditas dan solvabilitas) dan dapat mempengaruhi jumlah, waktu arus kas dalam penyesuaian terhadap keadaan dan peluang yang berubah.
·         Dapat menilai kemampuan entitas dalam menghsilkan kas dan setara kas, memungkinkan pengguna mengembangkan model untuk menilai/membandingkan nilai sekarang atau nilai masa depan berbagai entitas.
·         Dapat meningkatkan keterbandingan pelaporan kinerja operasi berbagain entitas
·         Dapat meneliti ketepatan dari penilaian masa lalu arus kas masa depan dan menguji hubungan antara profitabilitas dan arus kas serta danpak perubahan harga.

Kas dan Setara Kas
 Tujuannya untuk memenuhi komitmen kas jangka pendek, bukan investasi atau tujuan lainnya. Suatu investasi harus segera dapat dikonversikan menjadi kas dalam jumlah yang dapat ditentukan dan memilih risiko perubahan yg tidak signifikan apabila sudah memenuhi klasifikasi. Arus kas tidak termasuk perpindahan diantara  pos-pos yang termasuk dalam kas atau setara kas. Pengelolaan kas termasuk investasi atas kelebihan kas dalam setara kas.

PENYAJIAN LAPORAN ARUS KAS
Laporan arus kas melaporkan arus kas selama periode tertentu dan dikasifikasikan menurut aktivitas oprasi, investasi dan pendanaan. Entitas dalam menyajikan tersebut dengan cara yang paling sesuai dengan bisnisnya. Suatu transaksi tanggal dapat mencakup beberapa arus kas yang diklasifikasikan secara berbeda

Aktivitas Operasi
 Jumlah arus kas yang timbul adalah indikator utama untuk menentukan apakah entitas telah menghasilkan arus kas yang cukup untuk melunasi pinjaman, memelihara kemampuan operasi entitas, membayar dividend dan melakukan investasi baru tanpa bantuan sumber pendanaan dari luar.
Contoh Arus Kas dalam Aktivitas Oprasi
a.       Penerimaan kas dari penjualan barang dan pemberian jasa.
b.      Penerimaan kas dari royalty,fees, komisi dan pendapatan lain
c.       Pembayaran kas kepada pemasok barang dan jasa
d.      Pembayaran kas kepada dan untuk kepentingan karyawan.

Aktivitas Investasi
Pengungkapan terpisah yang timbul dari akyivitas investasi adalah arus kas tersebut merepresentasikan sejauh mana pengeluaran yang telah terjadi untuk sumber daya diintensikan untuk menghasilkan penghasilan dan arus kas masa depan. Berikut contoh arus kas yang timbul dari aktivitas investasi:
a.       Pembayaran kas untuk memperoleh asset tetap, asset takberwujud, dan asset jangka panjang lain.
b.      Peneriamaan kas dari penjualan asset tetap, asset takberwujud dan asset jangka panjang lain.
c.       Pembayaran kas untuk memperoleh instrument utang atau instrument ekuitas entitas lain dan kepentingan dalam ventura bersama
d.      Penerimaan kas dari penjualan instrument utang dan instrument ekuitas entitas lain
e.       Uanga muka yang diberikan oleh pihak lain
f.       Penerimaan kas dari pelunasan uang muka dan pinjaman yang diberikan pihak lain.
g.      Pembayaran kas untuk future contracts, forward contracs, option contracs dan swap contracs
h.      Penerimaan kas untuk future contracts, forward contracs, option contracs dan swap contracs

Aktivitas Pendanaan
Dari pengungkapannya secara terpisah atas arus kas yang timbul dari aktivitas pendanaan, penting karena berguna untuk memprediksi klaim atas arus kas masa depan oleh penyedia modal entitas.

PELAPORAN ARUS KAS
Entitas melaporkan arus kas dari aktivitas oprasi, menggunakan salah satu dari metode langsung dan metode tidak langsung. Entitas dianjurkan dalam melaporkan arus kas dari aktivitas oprasi menggunakan metode langsung, karna dengan ini informasi yang berguna dalam mengestimasi arus kas masa depan yang tidak dapat dihasilkan oleh metode tidah langsung. Dalam metode tidak langsung, arus kas neto dari aktivitas oprasi ditentukan dengan menyesuaikan laba atau rugi. Dan seluruh pos lain dimana kasnya berdampak pada arus kas investasi dan pendanaan.

PELAPORAN ARUS KAS DARI AKTIVITAS ENVESTASI DAN PENDANAAN
Entitas melaporkan secara terpisah kelompok utama penerimaan kas bruto dan pembayaran kas bruto yang timbul dari aktivitas investasi dan pendanaan, kecuali arus kas yang di deskripsikan dalam paragraph 22 dan 24, yang dilaporkan atas dasar arus kas neto.

ARUS KAS DALAM VALUTA ASING
Arus kas yang timbul dari transaksi valuta asing dicatat dalam mata uang sungsional entitas dengan mengalikan jumlah valuta asing tersebut dengan dengan kurs antara mata uang fungsional dengan valuta asing pada tanggal transaksi arus kas. Arus kas entitas anak luar negri dijabarkan berdasarkan kurs antara mata uang fungsional dengan valuta asing pada tanggal transaksi arus kas.

BUNGA DAN DIVIDEN
Arus kas dari bunga dan dividen yang diterimadan dibayarkan, masing-masing diungkapkan secara terpisah. Masing-masing klarifikasisecara konsisten atar periode sebagai aktivitas oprasi, investasi atau pendanaan.

PAJAK PENGHASILAN
Arus kas yang timbul dari pajak penghasilan diungkapkan secara terpisah dan klasifikasikan sebagai arus kas dari aktivitas oprasi kecuali dapat diidentifikasikan secara spesifik sebagai aktivitas pendanaan dan investasi.

INVESTASI PADA ENTITAS ANAK, ENTITAS ASOSIASI, DAN VENTURA BERSAMA.
Pencatatan ini menggunakan metode ekuitas atau metode biaya, maka investor akan membatasi pelaporannya dalam laporan arus kas. Contohnya jumlah dividend an uang muka yang diterima. Jika entitas melaporkan bagian kepentingannya menggunakan metode ekuitas memasukan laporan arus kasnya.

PERUBAHAN KEPEMILIKAN ATAS KEPENTINGAN PADA ENTITAS ANAK DAN BISNIS LAIN.
Gabungan arus kas yang timbul dari perolehan dan kehilangan pengendalian atas entitas anak atau bisnis lain disajikan secara terpisah dan diklasifikasikan sebagai aktivitas investasi. Entitas mengungkapkan hal-hal berikut,secara gabungan, sehubung dengan perolehan dan kehilangan pengendalian atas entitas anak dan bisnis lain selama suatu periode:
a.      Jumlah imbalan yang dibayarkan atau diterima
b.      Bagian dari imbalan yang terdiri dari kas dan setara kas
c.       Jumlah kas dan setara kas dalam entitas anak atau bisnis lain di mana pengendalian diperoeh atau hilang
d.      Jumlah asset dan liabilitas selain kas atau setara kas dalam entitas anak atau bisnis lain dimana pengendalian diperoeh atau hilang diringkas berdasarkanketegori utamanya.

TRANSAKSI NONKAS
 Berdasarkan investasi dan pendanaan yang tidak mensyaratkan pengguna kas atau setarakas dikeluarkan dari laporan arus kas. Transaksi tersebut diungkapkan pada bagian lain dalam laporan keuangan sedemikian rupa sehingga dapat menyediakan seluruh informasi yang relevan mengenai aktivitas investasi dan pendanaan tersebut.

PERUBAHAN PADA LIABILITAS YANG TIMBUL DARI AKTIVITAS PENDANAAN
Entitas menyediakan pengungkapan yang memungkinkan pengguna laporan keuangan untuk mengevaluasi perubahan pada liabilitas yang timbul dari aktivitas pendanaan, termasuk perubahan yang timbul dari arus kas maupun perubahan nonkas.

PENGUNGKAPAN LAIN
Entitas mengungkapkan jumlah saldo kas dan setara kas yang signifikan yang tidak dapat digunakan oleh kelompok usaha, beserta komentar manajemen. Dalam keadaan tertento salso kas dan setara kas tidak boleh dapat digunakan oleh kelompok usaha.

TANGGAL EFEKTIF
Entitas menerapkan Pernyataan ini untuk periode tahun buku yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 2011. Entitas menerapkan penyesuaian periode tahun buku yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 2015. Amandemen PSAK 02: Laporan Arus Kas tentang Prakarsa Pengungkapan. Entitas menerapkan paragraph tersebut untuk periode tahun buku yang dimulainpada atau setelah tanggal 1 Januari 2018. Penerapan dini diperkenalkan pada saat entitas pertamakali menerapkan paragraph tersebut, entitas tidak siisyaratkan untuk menyediakaninformasi komparatif untuk periode sebelumnya.

PENARIKAN
            Pernyataan ini menggantikan PSAK 2 (2009) ; Laporan Arus Kas.

LAPORAN ARUS KAS UNTUK ENTITAS BUKAN LEMBAGA KEUANGAN
Semua saham entitas anak diperoleh dengan harga Rp. 590. Nilai wajar asset  yang diperoleh dan liabilitas diasumsikan sebagai berikut
Persediaan                               100
Piutan usaha                            100
Kas                                            40
Asset Tetap                             650
Utang Usaha                            100
Utang jangka panjang             200
·         Rp. 250 diperoleh dari penerbitan modal saham dan Rp. 250 diperoleh dari pinjaman jangka panjang.
·         Beban bunga Rp. 400 dan telah dibayar sebesar Rp. 170 selama periode tersebut, Rp. 100 yang merupakan beban bunga periode sebelumnya juga dibayar selama periode tersebut
·         Deviden uang dibayarkan Rp. 1.200
·         Liabilitas pajak awal dan akhir periode masing-masing sebesar Rp. 400 dan Rp. 1000 selama periode disisihkan Rp. 200 untuk tambahan pajak. Pajak yang terutang dari deviden yang diterima berjumlah Rp. 100
·         Selama periode tersebut, entitas memperoleh asset tetap demgan hargaRp. 1.250, Rp. 900 diperoleh dengan sewa. Pembayaran kas sebesar Rp. 350 untuk pembelian asset tetap.
·         Pabrik dengan nilai buku RP. 80 DAN AKUMUASI PENYUSUTAN Rp. 60 dijual harga Rp. 20.
·         Piutang usaha pada akhir 20X2 termasuk bunga piutang sebesar Rp. 100








 wassalamu'alaikum wr wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas PSAK 25 dan PSAK 10

Penyajian Laporan Keuangan PSAK 01, Bagian 1

PSAK 68 "Nilai Wajar"