PENERAPAN PSAK 4 & 65




Assalamualaikum wr wb

LAPORAN KEUANGAN TERSENDIRI (PSAK 4)

PSAK 4

Amandemen PSAK 4 tentang Metode Ekuitas dalam Laporan Keuangan Tersendiri mengadopsi Amandemen IAS 27 EquityMethod in Sparate Financial Statements efektif per 1 Januari 2016 dan disahkan oleh DSAK IAI pada tanggal 18 November 2015. Amandemen ini memperkenankan entitas untuk menggunakan metode ekuitas untuk mencatat investasi pada entitas anak, ventura bersama, dan entitas asosiasi dalam laporan keuangan interimnya. PSAK 4 ini merevisi PSAK 4 tentang Laporan Keuangan Konsolidasi dan Laporan Keuangan Tersendiri yang telah diterbitkan pada tanggall 22 Desember 2009.

PENGANTAR PENYESUAIAN
Dewan Standar Akuntansi Keuangan telah mengesahkan penyesuangan atas PSAK 2 tentang Laporan Arus Kas pada tanggal 27 Agustus 2014.

PENGANTAR AMANDEMEN
Amandemen PSAK 4: Laporan Keuangan Tersendiri tentang Metode Ekuitas dalam Laporan Keuangan Tersendiri telah disahkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan pada tanggal 18 November 2015.

            Tujuan
Pernyataan ini bertujuan untuk mengatur persyaratan akuntansi untyk investasi pada entitas anak, ventura bersama, dan entitas asosiasi ketika entitas induk menyajikan laporan keuangan tersendiri sebagai informasi itambahan.
                                                              
Pernyataan ini diterapkan pada entitas induk yang menyajikan laporan keuangan tersendiri dalam mencatat investasi pada entitas anak, ventura bersama, entitas asosiasi.

Laporan keuangan konsolidasian adalah laporan keuangan suatu kelompok usaha yang didalamnya asset, liabilitas, ekuitas, penghasilan, beban dan arus kas entitas induk dan entitas anaknya sidajikan sebagai suatu entitas ekonomi tunggal.

Laporan keuangan tersendiri adalah laporan keuangan yang disajikan oleh entitas tersebut dapat memilih untuk, sebagimana yang dipersyaratan dalam pernyataan ini, mencatat investasinya pada entitas anak, entitas asosiasi dan ventura bersama pada biaya perolehan.

PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TERSENDIRI
Laporan keuangan tersendiri disusun sesuai dengan SAK yang berlaku, kecuali jika entitas induk menyususn laporan keuangan tersendiri, maka entitas induk tersebut mencatat investasi pada entitas anak, ventura bersama, dan entitas asosiasi pada biaya perolehan, sesuai PSAK 55 Instrumen Keuangan tentang Pengakuan dan Pengukuran atau menggunakan metode ekuitas sebagaimana dideskripsikan dalam PSAK 15: Investasi pada Entitas Asosiasi dan Ventura Bersama. 

TANGGAL EFEKTIF DAN KETENTUAN TRANSISI
Entitas menerapkan paragraph tersebut untuk periode tahun buku yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 2016 secara retrospektif sesuai dengan PSAK 25: Kebijakan Akuntansi Peubahan Estimasi Akuntansi dan Kesalahan
Contoh Laporan keuangan tersendiri pada PT. Bali Towerindo Sentra Tbk.

Laporan Posisi Keuangan








 
 Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan Arus Kas




LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI (PSAK 65)
 
Riwayat
PSAK 65 (2013): Laporan Keuangan Konsolidasi mengadopsi IFRS 10 Consolidated Financial Statements per 1 Januari 2013 dan disahkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI) pada tanggal 19 Desember 2013. Contoh yang diadopsi dari IFRS 10 Consolidated Financial Statements. Penerapan contoh tersebut perlu memperhatikan kesesuaian dengan praktik di Indonesia.
Penyesuaian PSAK 65 (2014): Mengadopsi IFRS 10 Efeketif per 1 Januari 2014 dan disahkan oleh DSAK IAI pada tanggal 27 Agustus 2014
Pernuyataan ini bertujuan untuk menetapkan prinsip penyususnandan penyajian laporan keuangan konsolidasian ketika entitas mengendalikan satu atau lebih entitas lain. 

Pencapaian Tujuan
a.       Mensyaratkan entitas induk yang mengendalikan satu/lebih entitas lain untuk menyajikan laporan keuangan konsolidasi.
b.      Mendefinisikan prinsip pengendalian dan menetapkan pengendalian sebagai dasar konsolidasi.
c.       Menetapkan bagaimana cara menerapkan prinsip pengendalian.
d.      Menetapkan persyaratan akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan konsolidasian dan mendefinisikan entitas investasi.
e.       menetapkan pengecualian untuk mengonsolidasikan entitas anak tertentu dari entitas investasi.

Ilustrasi
PT. Anngelia membeli seluruh kepemilikan saham di PT. Zafira sengan harga CU20,000, pada tanggal tersebut ekuitas PT, Zafira tersendiri dari:    
-Saham CU5,000
                                    -Saldo laba CU6,000
Saham dan saldo laba dieleminasi dengan harga perolehan investasi, selisihnya akan dicatat sebagai goodwill.
                                    Harga perolehan dikurangi:                                         20,000
                                    Net asset PT. Zafira    Saham                                     5,000
                                                                        Saldo Laba                  6,000
                                                                                                                        11,000
                                    Goodwill                                                                     9,000

 Contoh Laporan keuangan Konsolidasi pada PT. Bali Towerindo Sentra Tbk.


Laporan Posisi Keuangan 



Laporan Laba Rugi



Laporan Perubahan Ekuitas


Laporan Arus Kas



Laporan Catatan Atas Laporan Keuangan
Wassalamu'alaikum wr wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas PSAK 25 dan PSAK 10

Penyajian Laporan Keuangan PSAK 01, Bagian 1

PSAK 68 "Nilai Wajar"